Kamis, 23 Desember 2010

RPP_BIOLOGI X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                  : MAS DARUL MASHOLEH
Mata Pelajaran                : Biologi
Kelas/semester                 : X (Sepuluh) /I
Alokasi waktu                  : 2x40 menit
Standar Kompetensi  : Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup untuk memahami keanekaragaman hayati dan peran keanekaragaman hayati bagi kehidupan.
Kompetensi Dasar  :Mendeskripsikan ciri-ciri kingdom fungi (jamur) berdasarkan struktur tubuh dan peranannya bagi kehidupan.

             I.       Indikator
1.      Menjelaskan ciri-ciri umum basidiomycota dan deuteromyta.
2.      Menjelaskan daur hidup jamur dari divisi basidiomycota.
3.      Mengidentifikasi contoh-contoh jamur dari divisi basidiomycota dan deuteromycota.
4.      Menjelaskan peranan jamur dari divisi basidiomycota dan deuteromycota.

            II.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri umum basidiomycota dan deuteromyta.
2.      Siswa dapat menjelaskan daur hidup jamur dari divisi basidiomycota.
3.      Siswa dapat mengidentifikasi contoh-contoh jamur dari divisi basidiomycota dan deuteromycota.
4.      Siswa dapat menjelaskan peranan jamur dari divisi basidiomycota dan deuteromycota.
    III.  Materi pembelajaran
Dunia Fungi (divisi basidiomycota dan deuteromycota)
Basidiomycota adalah kelompok jamur yang sangat tinggi tingkat perkembangannya dibandingkan kelompok jamur lain.
Ciri-cirinya :
§  Sifat hidupnya heterotrof
§  Ukurannya bervariasi
§  Hifanya bersekat dan mempunyai hifa satu inti yang haploid.
§  Memiliki badan buah yang disebut basidiokarp.
§  Miseliumnya memasuki ujung atau seluruh substrat.
§  Reproduksi aseksualnya membentuk spora vegetatif yaitu konidia.
§  Reproduksi seksualnya membentuk spora generatif yaitu basidiokarp.
Contoh : Volvariella volvacea (jamur merang), Auricularia polytricha (jamur kuping), Amanita sp, Gonoderma lucidium, Lentinus edodes.
Deuteromycota merupakan kelompok jamur yang berukuran sangat kecil dan sulit diamati secara langsung (dengan mata telanjang). Jamur ini juga sering disebut dengan jamur tidak sempurna (jamur imperfecti)
Ciri-cinya yaitu :
§  Hidup secara saprofit dan parasit.
§  Hifa bersekat, dinding sel terbuat dari zat kitin.
§   Kebanyakan jenisnya telah berevolusi dari jamur kantong dengan hilangnya kemampuan berkembangbiak secara seksual.
§  Jarang membentuk tubuh buah dan ukurannya mikroskopis.
§  Reproduksi vegetatif dengan membentuk blastola (berbentuk tunas), arthospora (pembentukan spora dengan benang hifa), dan konidia.
Contoh :Aspergilus flafus, Aspergilus fumigatus, Epidermophyta floocosum.
             IV. Metode Pembelajaran
§  Metode      : Ceramah, Tanya jawab
§  Model     : Pameran dan Shopping (pajangan hasil kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan).
§  Media        : Peta konsep dan charta
            V.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
§  Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
§  Guru memotivasi siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran. 
Kegiatan inti
§  Guru menyampaikan materi sebagai pengantar.
§  Guru memberikan pertanyaan (pada selembar kertas) kepada siswa mengenai ciri-ciri Basidiomycota dan Deuteromycota.
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang ciri-ciri Basidiomycota dan Deuteromycota.
§  Siswa membaca berbagai sumber tentang materi pembelajaran.
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca.
§  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang belum jelas baik mengenai ciri-ciri, contoh maupun peranan Basidiomycota dan Deuteromycota.
           Kegiatan Penutup
§  Guru menanyakan kesulitan siswa tentang pembelajaran yang telah berlangsung
§  Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah berlangsung
§  Guru memberikan evaluasi
§  Salam penutup

          VI. Sumber Belajar/Alat//Bahan
§  Buku SMA Kelas X.(2008)Arif Priadi . Jakarta. Yudhistira.
§   Sri Pujianto (2008).Menjelajah dunia biologi kelas X.Jakarta:Erlangga
§  Sudjiono (2006)Biologi untuk kelas X.Klaten:Intan pariwara.
§  Pratiwi dkk(2004)Biologi SMA Kelas X.Jakarta:Erlangga.
§  Peta konsep dan charta.

            VII.    Jenis dan Bentuk Penilaian
1.   Teknik   : Tes Tulis
2.   Bentuk  : Menjodohkan

Instrument Soal :
No
Pernyataan
Jawaban
1.


2.

3.

4.
5.
6.

7.
8.
Jamur ini bersifat saprofit pada kayu yang sudah mati, tubuh buah enak dimakan, berwarna kecoklatan dan bentuknya seperti daun telinga…
Jamur yang merupakan sumber protein dan terdapat pada tumpukan merang…
Jamur dari divisi Deuteromycota yang menyebabkan kurap adalah…
Divisi Deuteromycota sering disebut…
Jamur yang berperan dalam penyakit atlet…
Tubuh buah tempat terkumpulnya basidium disebut…
Nama lain dari jamur shitake yaitu…
Jamur yang menyebabkan penyakit panu disebut…
Nama lain dari jamur yang menyebabkan panu adalah...
a.    Jamur inperfecti
b.    Spora
c.    Epidermophyton floocosum
d.   Basidiokarp
e.    Letinus edodes
f.     Auricularia polytricha
g.    Mycrosporum
h.    Volvariella volvacea
i.      Malazezia purfur
Kunci Jawaban :
           1.      Aurucularia polytricha          ( f )
           2.      Volvariella volvacea             ( h )
           3.      Microsporum                        ( g )
           4.      Jamur imperfecti                    ( a )
  1. Epidermophyton floocosum  ( c )
  2. Basidiokarp                           ( d )
  3. Letinus edodes                      ( e  )  
  4. Malazezia purfuri                  ( i )



          Mengetahui,                                                            Cirebon,     November 2010
  Kepala Sekolah                                                                 Praktikan        


         Drs. H. Solichuddin                                                        Wiwit Indra Gunawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar